Cara Setting AMP Plugin

# Bingung Cara Setting Amp Plugin?

Sebelum kita melangkah ke Setting AMP Plugin alangkah bijaknya jika kita bahas dulu tentang AMP ini. Mungkin ada sebagian dari sobat yang masih belum tahu tentang AMP. sebenarnya plugin ini sudah dirilis sejak februari 2016 kemarin. Berarti sampai tutorial ini ditulis sudah lebih dari satu tahun.

Apa sih AMP ?

AMP adalah kependekan dari kata Accelerated Mobile Pages. Dimana AMP ini merupakan proyek open source dari raksasa google yang tujuanya untuk memudahkan bagi para pengguna  mobile / smartphone untuk mengakses berita atau konten dengan speed yang 4 kali lebih cepat dari pada website yang tidak menggunakan AMP ini. Karena semua file java script yang notabene loadnya lebih lambat akan dipangkas jika kita menggunakan plugin ini.

Pentingkah kita menggunakan AMP?

Tentu saja sangat penting. apalagi bagi para publisher. Selain kita akan memanjakan para pembaca dengan lebih mudahnya website kita di akses  Kita juga tidak akan kehilangan.sumber pendapatan dari iklan.  Ada survey yang mengatakan bahwa loading halaman website yang lebih dari 5 detik membuat 58% User putar balik (Naik 58% bounce rate). Tentu saja bagi para publisher akan mengalami penurunan budget bulananya. Selain itu para pembaca setia blog kita tidak akan pindah tempat karena akses masuk ke blog / website kita sangat ringan

Saya sudah pakai theme responsive Masih butuhkah sama Amp?

Keputusan tergantung anda pak. Memang website yang tidak mobile friendly ( Responsive) akan lebih sulit dibuka dari pada yang responsive. Dan website yang  responsive masih sangat kalah kecepatanya dari pada yang memakai AMP ini. lihat logo amp kita sudah bisa menduga bahwasanya website yang berlogo petir pasti punya keistimewaan. Ciri-ciri website yang menggunakan amp ini dalam pencarian google ada lambang petirnya. Dimana setiap web yang support amp akan ada lambang tersebut.

Saya Kira cukup sedikit keterangan dari amp ini, anda bisa mempelajari amp ini dari website resminya. Tentang Pengaruh amp terhadap seo akan saya bahas pada kesempatan yang lain.

Kita kembali ketema awal tentang bagaimana cara memasang AMP Plugin. Karena yang kita pakai adalah cms wordpress maka bagi rekan-rekan yang memakai platform blogspot banyak kok template free ataupun premium yang support amp. Ini adalah salah satu blog  ber platform blogspot yg memakai fitur amp .

Untuk memasang plugin Amp adalah caranya sebagai berikut:

  1. Masuk ke dashboard wordpress > Plugin > Add new.
    cara pasang plugin AMP
    Jekamedia.com

     

  2. Ketik AMP disearch Bar Plugin
    how to add amp plugin
    Jekamedia.com

     

  3. Klik Install Now. plugin karya ahmed kaludi, mohammed kaludi
    Cara aktifkan plugin amp
    jekamedia.com

     

  4. Setelah kita mengaktifkan plugin diatas kita akan diarahkan untuk mengaktifkan plugin pendamping yang lain. Jika anda tidak diarahkan untuk mengaktifkan plugin tersebut silahkan cari plugin amp karya Automatic. penampakanya seperti gambar ini How to install amp plugin
  5. Langkah selanjutnya adalah kembali Ke dashboard dan cari dibawah ada menu AMP > Getting Started atau lihat screenshoot dibawah ini.cara mengatur amp plugin
  6. Kemudia setting General. kalau saya settinganya seperti ini.setting homepage amp plugin
  7. Kemudian Setting Homepage setting homepage amp\
  8. Klik Design Kemudian silahkan desain web amp. kalau pengen seperti punya saya settinganya seperti ini
  9. Kemudian setting single post seperti dibawahsetting amp plugin single post

Saya Kira itu sudah cukup untuk settingan AMP Plugin. Untuk settingan yang lain seperti Setting iklan dan yang lainya silahkan anda berkreasi sendiri. Karena semuanya cukup mudah.

Dengan hadirnya plugin amp ini kita tidak perlu repot-repot untuk melakukan coding sendiri yang pastinya cukup sulit dan menyita waktu. Yang Jelas Kita harus banyak berterima kasih kepada developer plugin ini yaitu Mohammed kalufi dan team automatic.

#source img: tealium.com

Share this post

Post Comment